Dokumenter tentang model kereta api Inggris: Lokomotif, trem, persinyalan dan lanskap

Dokumenter tentang model kereta api Inggris: Lokomotif, trem, persinyalan dan lanskap

Model kereta api atau miniatur kereta api adalah hobi transportasi kereta api yang dimodelkan pada skala yang dikurangi. Model kereta api termasuk lokomotif, sarana, trem, lintas, persinyalan dan lanskap (saujana) termasuk: pedesaan, jalan, jembatan, bangunan, kendaraan lain, perkotaan, manusia, lampu, terowongan, dan objek alam seperti sungai, bukit, dan ngarai. Kereta model saat ini lebih realistis, selain jauh lebih maju secara teknologi. Pemodel saat ini membuat model tata letak jalur kereta api, sering menggambarkan lokasi nyata yang bersejarah. Umumnya para pemodel membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang cukup mahal untuk mengembangkan model kereta apinya, terutama bila yang dikehendaki lebih realistis.

Pemodel dapat mengumpulkan kereta model, lalu membangun lanskapnya sendiri sesuai imajinasinya. Mereka juga dapat mengoperasikan kereta api mereka sendiri dalam miniatur. Untuk beberapa pemodel, tujuan membangun tata letak adalah untuk akhirnya menjalankannya ibarat itu adalah kereta api sesungguhnya, atau seperti kondisi lintas yang sesungguhnya. Tata letaknya pun bervariasi dari jalur melingkar hingga bangunan nyata yang dimodelkan. Kata-kata skala dan lebar sepur tampaknya pada awalnya dapat dipertukarkan tetapi artinya berbeda. Skala adalah perbandingan ukuran model terhadap aslinya, sedangkan lebar sepur adalah lebar sepurnya.

Skala yang cukup populer: skala G, skala Gauge 1, skala O, skala S, skala HO (di Inggris, OO serupa), skala TT, dan skala N (1: 160 di Amerika Serikat, tetapi 1:148 di Inggris). HO dan OO adalah yang paling populer. Beberapa pemodel memperhatikan tata ruang lanskap mereka, membuat dunia fantasi, atau memodelkan lokasi aktual, seringkali bersejarah. Untuk membuat lanskap, dapat diawali dengan membuat medan menggunakan berbagai bahan bangunan. Bangunan dan struktur dapat dibeli secara utuh, atau dibuat sendiri dari karton, kayu balsa, kayu bass, kayu lunak lainnya, kertas, atau plastik. Pengotoran dilakukan dengan menyimulasikan kotoran dan keausan pada kendaraan, struktur, dan peralatan nyata. Ada banyak teknik pengotoran yang mencakup, tetapi tidak terbatas pada, pengecatan, pengamplasan, pemutusan, dan bahkan penggunaan bahan kimia untuk menyebabkan korosi. Beberapa proses menjadi sangat kreatif tergantung pada keterampilan pemodel.

https://www.youtube.com/watch?v=thblTkZF-VE